Program Pelatihan

"Leadership Skill"

TUJUAN 

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta DIHARAPKAN:

  1. Mengerti dan memahami dasar-dasar kepemimpinan yang efektif dalam perusahaan
  2. Mengerti dan memahami arti pentingnya leadership dalam suatu kelompok/organisasi atau perusahaan.
  3. Mengerti dan memahami faktor-faktor yang dapat mengefektifkan suatu leadership.
  4. Berani untuk belajar, mencoba, melatih, dan melakukan ketrampilan leadership dalam situasi tertentu
  5. Mengenali gaya-gaya leadership yang efektif untuk dilakukan kepada bawahan.
  6. Mengerti konsep-konsep tentang situational leadership.
METODE PELATIHAN

Pelatihan ini menggunakan pendekatan ANDRAGOGIK, dimana peserta diperlakukan sebagai pribadi DEWASA, yang akan belajar dari pengalaman pribadinya, pengalaman orang lain, yang diperolehnya selama pelatihan. Metode pelatihan ini meliputi:

  1. Situational Leadership game, untuk mengenali gaya kepemimpinan yang dimiliki oleh peserta.
  2. Indoor game, berupa simulasi, role play, yang dilakukan di dalam ruangan.
  3. Self Evaluation, berupa test evaluasi yang berfungsi untuk mengenali kecenderungan-kecenderungan kepemimpinan.
  4. Studi Kasus, berisi persoalan-persoalan yang harus dipecahkan dengan bekerja sama dengan orang lain.
  5. Diskusi Kelompok, dilakukan di dalam kelompok, dengan tujuan bagaimana setiap individu menghormati kesepakatan kelompok.
  6. Sharing, melatih individu untuk mengungkapkan perasaannya dan pendapatnya.
PROPERTI YANG HARUS DISIAPKAN OLEH KLIEN
  1. Ruangan kelas, yang cukup untuk 25 orang yang disusun dengan format U SHAPE
  2. LCD/IN FOCUS, OHP, LAPTOP untuk keperluan presentasi
  3. White Board dan layar + alat tulisnya
  4. Papan dan kertas Flipchart + spidol besar
WAKTU, PESERTA, DAN FASILITATOR
  1. Pelatihan ini memerlukan waktu hari 2 hari
  2. Peserta pelatihan maksimal 25 orang.
  3. Fasilitator dalam pelatihan ini berjumlah 2 orang.
SILABUS
Sesi
Materi
Tujuan
Metode

1

  1. Pembukaan
  2. Ice Breaker
  1. Menciptakan suasana yang kondusif
  2. Menumbuhkan emotional bank account
  3. Menyepakati proses pelatihan
  1. Game
  2. Learning Contract

2

Makna Pemimpin dan Kepemimpinan

  1. Memahami makna pemimpin dan kepemimpinan dalam organisasi
  2. Kriteria seorang pemimpin yang efektif
  1. Film “Leadership”
  2. Group Discussion
  3. Lecture

3

Peran dan Fungsi Pemimpin

  1. Memahami gaya kepemimpinan yang efektif Mengerti bagaimana penerapannya
  2. Mengetahui kekuatan diri sebagai seorang pemimpin
  3. Memahami power-power yang dapat digunakan
  1. Game
  2. Group Discussion
  3. Self Assesment

4

Situational Leadership

  1. Mempraktekkan gaya kepemimpinan
  2. Menginternalisasikan efektifitas gaya kepemimpinan
  3. Menyadari faktor-faktor yang berpengaruh terhadap efektifitas kepemimpinan
  1. Situational Leadership Game
  2. Group Discussion
  3. Presentation
  4. Lecture

5

Problem Solving & Decision Making

  1. Mengerti tahap-tahap pemecahan masalah
  2. Mengerti analisa masalah, analisa situasi, dan analisa data
  3. Belajar menggunakan data sebagai dasar untuk mengambil keputusan
  1. Lecture
  2. Case Study

6

Personal Action Plan

Merencanakan tindakan kongkret yang akan dilakukan setelah pelatihan

Self Statement

Buku Pendukung :

What it takes to be a leader plus