Program Pelatihan

"Building Achievement Motivation"

TUJUAN PELATIHAN

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu :

  1. Merubah perilaku dan pola pikir yang sesuai dengan tuntutan nilai-nilai yang berkembang sejalan dengan visi perusahaan.
  2. Menanamkan pola pikir, sikap, dan perilaku yang berorientasi kepada pencapaian prestasi kerja (need for achievement).
  3. Mampu mengelola diri sendiri secara efektif sehingga mampu mengembangkan dirinya secara positip.
  4. Lebih pro-aktif dalam menyikapi persoalan yang ada dan berkembang di perusahaannya.
  5. Berinteraksi secara positif dengan masing-masing karyawan sehingga tercipta iklim yang kondusif dalam bekerjasama.
PENDEKATAN DAN METODOLOGI PELATIHAN

Pelatihan ini menggunakan pendekatan andragogie (pendekatan pembelajaran orang dewasa). Peserta pelatihan diperlakukan sebagai pribadi yang dewasa dan akan menemukan insight (pengertian dan kesadaran diri) melalui pengalaman pribadi ataupun pengalaman orang lain selama mengikuti pelatihan ini.

Untuk itu, metodologi yang akan digunakan dalam pelatihan ini, antara lain meliputi:

  1. Experiential learning yang berupa game/simulasi/role play untuk lebih mempermudah dalam menyerap materi
  2. Lecture, peserta mendapatkan konsep-konsep melalui ceramah
  3. Self Evaluation, peserta mengerjakan tes evaluasi untuk melihat kecenderungan-kecenderungan motivasi yang dimilikinya.
  4. Achievement Game , peserta melakukan sesuatu hal untuk memvisualisasikan mengenai motif-motif berprestasi dan bagaimana membuat suatu target pekerjaan.
  5. Diskusi Kelompok, peserta belajar untuk berinteraksi dan membuka diri terhadap orang lain.
JUMLAH PESERTA, WAKTU, DAN FASILITATOR
  1. Jumlah peserta pelatihan ini supaya efektif maksimal 25 orang.
  2. Pelatihan ini memerlukan waktu 2 hari
  3. Fasilitator untuk pelatihan ini berjumlah 2 orang
PERLENGKAPAN YANG HARUS DIPERSIAPKAN KLIEN
  1. Ruangan yang cukup luas untuk kapasitas 25 orang dan ruangan sebaiknya dapat digunakan untuk diskusi kelompok atau in door activity.
  2. LCD/INFOCUS untuk presentasi
  3. AUDIO VISUAL (SOUND SYSTEM)
  4. NAME tag untuk peserta pelatihan
  5. SPIDOL, KERTAS FLIP CHART, KERTAS HVS, WHITE BOARD
SILABUS
Sesi
Materi
Tujuan
Metode

1

Ice Breaker

  1. Siap mengikuti pelatihan Achievement Motivation
  2. Membangun Emotional Bank Account
  3. Kontrak belajar
  4. Mengetahui tingkat pemahaman materi sebelum mendapatkan materi pelatihan
  1. Game
  2. Self Statement
  3. Tes Tertulis
  4. Learning Contract

2

ASSERTIVENESS

  1. Peserta dapat mengenali potensi-potensi yang ada dalam dirinya
  2. Peserta dapat membuka dirinya terhadap umpan balik dari orang lain
  3. Peserta dapat menjalin relasi secara terbuka sehingga tercipta suasana yang harmonis saling mengerti satu sama lain

3

SELF & ROLE AWARENESS

  1. Peserta menyadari secara total apa perannya dalam organisasi
  2. Peserta menyadari bahwa peran yang dimiliki akan efektif apabila dijalankan dengan TOTALITAS
  3. Peserta menyadari bahwa totalitas diri akan terwujud apabila seseorang dapat mengenali potensi-potensi yang dimilikinya
  4. Peserta dapat membuka diri terhadap masukan orang lain dalam rangka untuk mengembangkan dirinya
  1. Game
  2. Role Play
  3. Lecture

4

BUILDING ACHIEVEMENT MOTIVATION

  1. Peserta dapat menyadari motif-motif apa saja yang mendorong dirinya ketika melakukan suatu tindakan
  2. Peserta dapat mengetahui bagaimana motivasi berprestasi dapat dikembangkan
  3. Peserta dapat mengidentifikasi sikap dan perilaku yang mendukung kepada pencapaian suatu prestasi
  4. Peserta dapat menyadari bahwa motivasi berprestasi dapat terwujud apabila sasaran mengandung SMART: Specific, Measurable, Achieveable, Realistic, Time Limit
  5. Peserta dapat menyadari bahwa untuk mencapai tujuan maka harus BEKERJA SAMPAI TUNTAS, TIDAK PANTANG MENYERAH, dan BEKERJA SECARA MAKSIMAL
  1. Self Evaluation
  2. Self Scoring
  3. Interpretasi
  4. Lecture
  5. “Goal Setting Game"

5

BUILDING COMMITMENT

  1. Peserta dapat menyadari arti penting KOMITMEN dalam menjalankan pekerjaan
  2. Peserta dapat menyadari bahwa KOMITMEN adalah dasar untuk memunculkan motivasi berprestasi
  1. Game
  2. Self Assesment

Buku Pendukung :

PERSONALITY QUALITY MANAGEMENT THE POWER OF WINNER